Lima langkah dapat judul skripsi / tesis

Lima langkah dapat judul skripsi / tesis

Bagi kamu yang saat ini melangkah menyusun tugas akhir, pasti dong galau mau cari judul apa, dosennya siapa, dan juga apa yang bisa kamu buat. Apalagi tugas akhir adalah perjalanan satu kali seumur hidup yang selayaknya melakukan terbaik dan dapat dilaksanakan dengan baik. Langkah pertama yang dilakukan adalah memperoleh judul atau topik tugas akhir baik itu skripsi atau tesis. Simak lima cara singkatnya

  1. Tanya kakak kelas berdasarkan minatmu. Jika kamu berminat mengenai Blockchain ya carilah kakak kelas yang mengerjakan blockchain dan lihat judulnya. Sikat habis indeks di perpustakaan sesuai dengan topik kamu dan lihat judulnya apa dan siapa pembimbingnya.
  2. Temui dosen pembimbing. Setelah sudah dapat judul dan nama pembimbingnya maka selanjutnya temui beliau jika ada dua pembimbing temui duanya, buat janji entah daring dan luring dan katakan kalau Anda tertarik bidang Blockchain.
  3. Judul dari dosen atau dari diri sendiri. Banyak yang berpikir kalau judul sendiri itu lebih mudah dan lebih cepat, tapi kenyataannya tidak juga, judul dosen artinya akan lebih mudah dibimbing (walaupun belum tentu juga). Jadi pertama carilah judul dari dosen kalau tidak dapat, lanjut langkah berikutnya.
  4. Ambil masalah dari konferensi (S2) atau publikasi jurnal (S3) atau saran dari skripsi lain (S1), jika dosen membuka peluang usul judul sendiri coba ambil judul dari naskah akademik entah dari buku, artikel akademik, skripsi, atau yang lain. Jangan overshoot juga artinya jangan sampai mengerjakan skripsi tapi masalahnya overshoot sampai ke masalah penelitian jurnal rangking Q1.
  5. Setelah sudah ada masalahnya sekarang saatnya membuat judul dan abstrak singkat. Buatlah judul lebih dari satu, kalau bingung sah-sah saja bertanya ke Chat GPT tapi pikirkan lagi untuk disempurnakan

Nah itu lima tipsnya, bagaimana komentar kalian?