Business Model untuk Pemodelan Penelitian

Business Model untuk Pemodelan Penelitian

BPMN (Business Process Modelling Notation) adalah notasi yang umum digunakan untuk memodelkan proses bisnis dalam penelitian, pengembangan sistem informasi, atau aktivitas lainnya. BPMN sekilas mirip dengan activity diagram hanya saja BPMN dapat lebih bersifat general purpose.

Contoh BPMN – ea.ugm.ac.id

Adapun komponen BPMN yang umum dipakai adalah

  1. Business Process: bagian ini adalah yang mutlak ada terdiri dari notasi proses bisnis yang dapat kalian lihat di sini Saat ini notasi BPMN memiliki versi kedua.
  2. Risiko: suatu yang terjadi dan perlu diperhatikan jika salah satu aktivitas di proses bisnis berjalan tidak baik. Semisal dalam proses Validasi terdapat risiko pengulangan proses bisnis dari awal.
  3. Data: data yang dihasilkan dalam sebuah aktivitas.
  4. KPI: luaran dari proses yang akan dihitung sebagai capaian organisasi. Semisal hasil proses pengukuran data menghasilkan sebuah nilai yang kemudian menjadi dasar capaian.
  5. Aplikasi: aplikasi atau sistem yang berelasi dengan aktivitas. Semisal aplikasi XYZ untuk menghasilkan dataset
  6. Standard: format atau dokumen acuan yang menjadi dasar proses bisnis. Semisal ISO 27001 untuk proses keamanan website
  7. Renstra program dan kegiatan: berupa program atau layanan yang mendasari bisnis proses. Semisal Program: Penelitian Teknis