Sekolah Sambil Kerja ini Tips-nya

Sekolah Sambil Kerja ini Tips-nya

Semenjak sarjana saya sudah biasa mengambil pekerjaan paruh waktu. Sebenarnya alasan mengambil pekerjaan paruh waktu tiada lagi tiada bukan untuk menambah biaya kuliah atau uang jajan, mencari pengalaman, dan mengubah hobi menjadi penghasilan. Lalu bagaimana agar sekolah tidak mengganggu kerja atau sebaliknya simak lima tips berikut:

  1. Carilah pekerjaan yang selaras dengan passion agar tidak menjadi beban hidup. Misalkan jika suka Gadget carilah pekerjaan yang menggunakan pengetahuan Gadget mulai jasa service Gadget, jual beli Gadget, sampai coding di Gadget.
  2. Carilah pekerjaan yang tidak mengganggu waktu kuliah. Jika sudah bekerja carilah sekolah yang tidak mengganggu waktu kerja misalnya kelas sore, kelas weekend, atau yang lain.
  3. Carilah penelitian atau program studi yang mendorong karir Anda. misalnya jika bekerja di Perusahaan startup software maka berpikirlah untuk sekolah di bidang manajemen, bisnis, atau teknis yang sesuai dengan startup Anda
  4. Yakinkan tugas akhir Anda punya kontribusi ke pengembangan profesi perusahaan. Teliti yang belum dilakukan perusahaan dan coba terapkan.
  5. setiap ada tugas mata kuliah jadikan kantor atau pekerjaan Anda sebagai bahan kajian agar lebih nyata dan bermanfaat.

Nah semoga bermanfaat ya rekan-rekan