Lima tips revisi skripsi, tesis, disertasi yang sering kamu lupakan

Lima tips revisi skripsi, tesis, disertasi yang sering kamu lupakan

Percaya atau tidak revisi adalah hal yang paling membingungkan, atau bahkan membuat anda semakin stress. Tetapi bersyukurlah kalau tulisan Anda sudah tahap revisi, tandanya selangkah lagi Anda berhasil menggapai cita. Entah itu lolos naskahnya, lulus ujiannya, atau mungkin berhasil menembus publikasi internasional. Tapi jangan alih-alih merasa sudah lulus atau berhasil, revisi tidak dilakukan. Revisi adalah investasi untuk masa depan untuk meyakinkan bahwa karya Anda pada saat dipublikasikan sudah cukup layak dan berkualitas. Nah kali ini kita coba beberapa tips revisi yang dapat kamu lakukan.

  1. Ketik ulang revisi Anda dalam sebuah tabel. Terkesan sepele, tetapi menulisnya dalam sebuah tabel akan menjamin bahwa Anda mengetahui progress revisi dan mengetahui berapa lama yang perlu dilakukan untuk merevisi. Pada tabel yang Anda tulis dalam Excel setidaknya berisi:
    1. Siapa yang melakukan komentar (reviewer?penguji)
    2. Apa komentar yang mereka utarakan
    3. Halaman atau topik apa yang dikomentari
    4. Bagaimana melakukan revisi menurut Anda, termasuk jawaban pemikiran Anda
    5. Klasifikasi revisi (major atau minor). Major kalau perlu melakukan eksperimen atau pekerjaan lebih dari tiga harii. Minor jika hanya fokus ke penulisan
    6. estimasi durasi revisi dalam jam atau dalam hari
  2. Isi point 4 dan poin 6 dahulu
  3. Kumpulkan referensi tambahan untuk menjawab poin 4. Dapat berupa penelitian lain yang sama melakukannya, masukan dari reviewer, atau buku teks yang menjawab revisi yang harus dilakukan.
  4. Diskusikan revisi kepada pembimbing atau teman sejawat Anda. Diskusi apakah poin 4 yang sudah diisi memiliki isian yang masuk akal
  5. Lakukan rencana revisi, kerjakan revisi, dan lihat tenggang revisi. Pada saat semua revisi tidak mungkin dilakukan maka lakukanlah revisi parsial sesuai kemampuan Anda.

Setelah melakukan revisi maka buat versi baru naskah Anda dan kirim hasil revisi Anda dan yakinkan itu yang terbaik karena kedepannya, adik kelas, junior anda, atau bahkan pembimbing Anda akan membacanya.

Ada kendala dengan revisi? yuk dibahas di kolom komentar