5 Langkah menuju proposal skripsi yang berkualitas

Selamat bagi yang sudah memperoleh topik penelitian, kini saatnya kita melakukan agenda sekali seumur hidup kita dengan baik yakni menyelesaikan tugas akhir (final project/capstone project). sebelum kita bicara bagaimana menyelesaikan skripsi mari kita diskusi apa yang harus kita lakukan setelah memeperoleh topik / judul skripsi Anda dari calon dosen pembimbing. Berikut langkah-langkahnya

#1 Tentukan Ruang Lingkup dan Visi Skripsi

Segera hubungi dosen calon pembimbing Anda untuk melakukan diskusi tatap muka langsung atau melalui email atau melalui kanal riset grup yang Ada. Hal ini akan memudahkan Anda jika masalah skripsi dan solusi usulan Anda sudah jelas apa yang dilakukan.

#2 Kumpulkan dasar teori dan literatur yang terkait dengan Kata Kunci Skripsi

Cari setidaknya penelitian atau hal yang dilakukan tiga tahun terakhir yang selaras dengan kata kunci skripsi. kumpulkan dalam binder seperti OneNote atau yang lain. Buat review atau rangkuman referensi. Untuk jenjang S1 diharapkan setidaknya 10-15 paper, S2 20-25 paper, S3 > 25. Rangkum semuanya dalam tabel untuk mempermudah dan lihat

  • Mana yang paling dekat dengan apa yang saya lakukan?
  • Mana yang dapat saya pakai sebagai dasar teori skripsi saya?
  • Mana yang bisa saya bandingkan dengan hasil saya kelak?

Untuk skripsi tidak harus dari penelitian jurnal bisa saja buku, skripsi lain, tesis, atau web. Hindari penggunaan referensi dari tulisan yang dibuat secara crowdsourcing seperti Wikipedia. Namun demikian, tetap diizinkan mengambil referensi yang dicantumkan di Wikipedia selama valid.

#3 Segitiga Logika Skripsi

Yakinkan perumusan masalah, tujuan penelitian, dan pertanyaan penelitian sudah selaras. Yakinkan

  • Perumusan masalah berisi pernyataan bukan pertanyaan. Perumusan masalah bukan kebutuhan melainkan masalah yang dihadapi (pemberikan kode PS1-dst akan sangat membantu = Problem statement)
  • Tujuan bukan kebutuhan tetapi apa yang hendak dilakukan. Tujuan berupa hasil akhir atau aktivitas yang dilakukan untuk mencapai produk yang dilakukan sesuai dengan standard engineering (RS = Research purpose)
  • Pertanyaan penelitian adalah pertanyaan yang harus dijawab diakhir penelitian atau pada kesimpulan, pertanyaan penelitian diletakkan setelah pembahasan landasan teori dan penelitian sebelumnya (RQ = Research Question) dan dapat digantikan dengan hipotesis jika fokusnya adalah penelitian antar variabel atau fenomena, jika pengembangan/applied engineering maka menggunakan pertanyaan penelitian

#4 Metode yang matang

Pilih metode yang sesuai dan tulis dengan baik satu siklus engineering design yang mengadopsi standar tertentu. Dalam sebuah skripsi terdapat dua bagian yakni Jalannya penelitian terbagi menjadi dua hal utama

  • Jalannya penelitian: aktivitas penelitian pada skripsi teknik dikenal dengan engineering design yaitu langkah langkah berbasis PDCA (PLan Do Check Act)
  • Metode standard dalam pengembangan: adopsi metode yamg dilakukan dalam satu atau beberapa tahap jalannya penelitian. semisalnya dalam pengembangan produk menggunakan metode RAD, dalam pengambilan kebutuhan menggunakan observation, dan pengujian menggunakan pengujian UX.

secara sederhana setiap langkah di jalannya penelitian disarankan mengadopsi metode standard yang sudah ada tidak membuat sendiri.

#5 Tulis Proposal Sesuai Format dan Lakukan Proof reading

Bagian ini silahkan mengikuti langkah berikut

  • Gunakan format terkini yang sudah disediakan prodi
  • Pasang sistem sitasi seperti Mendeley atau yang lain
  • Gunakan proof reading yang tertanam di Microsoft Word dengan mengunduh Proofing Tools bahasa Indonesia
  • Jika mampu disarankan menggunakan bahasa inggris agar tidak kerepotan melakukan italic kata asing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *