Tiga Ciri ATM yang Mencurigakan

Suatu hari Anda kaget bukan kepalang ketika uang di ATM Anda berkurang drastis. Anda berpikir keras mengapa uang Anda begitu terkuras hebat, hingga Anda sadar kalau..

  • Anda harus bayar asuransi tahunan
  • Anda harus bayar UKT
  • Anda harus bayar cicilan tanpa Riba
  • Dan masih banyak yang harus Anda bayar, sementara pemasukan Anda kadang hanya satu..

Lalu Kita menyalahkan ATM, kalau ATM tersebut telah dipasang Skimmer di mesinnya. Padahal, hal yang sebenarnya terjadi adalah memang uang di ATM anda pas-pasan dan habis membayar biaya. Sebelum membahas 3 ciri mesin ATM mencurigakan mari kita bersyukur kita masih sehat sehingga masih berpikir masalah duniawi seperti ATM, coba kalau Anda sakit pasti yang menjadi pikiran adalah rujukan, biaya tebus obat, BPJS yang kehabisan kamar sesuai plafon Anda, dan tentu doa kesembuhan dari Allah Swt. Dan sebelum melanjutkan 3 ciri mesin ATM yang mencurigakan maka ada beberapa fakta yang perlu Anda ketahui:

  • Teknologi 3D Printer membuat berbagai bentuk benda dan yang dipasang di ATM terlihat sangat natural
  • Untuk mencuri uang di ATM Anda, pelaku membutuhkan tiga informasi yakni informasi di kartu Anda, nomor pin Anda, dan Jenis kartu ATM Anda (Pin & Chip, atau Kartu Magnetik)
  • Di Indonesia Jenis Kartu Pin & Chip dipasang di kartu kredit Anda Saja. Dan berita menariknya artinya informasi ketiga sudah diketahui karena semua kartu ATM menggunakan strip magnetik yang sudah ada di tahun 1967 jauh sebelum Ayah dan Ibu penulis bertemu di pelaminan.

Ciri Pertama: Kartu yang Sulit Masuk Akibat Slot Kartu ATM yang Sempit

Ketika kartu ATM Anda dimasukkan dan mesin ATM seolah-olah lambat memakan kartu ATM Anda, terdapat kemungkinan kesulitan dalam memasukkan kartu karena bisa jadi dipasang alat pembaca kartu magnetik. Selain itu perhatikan juga bentuk slot kartu. Slot kartu yang asli memilik efek depth menjorok ke dalam tidak rata. Jadi begitu ATM mu ditelan pelan-pelan atau seperti kesulitan masuk setelah masuk segera cancel transaksi cari ATM lain. Karena ada kemungkinan walau TIDAK 100% ATM tersebut mencurigakan, walau bisa saja ATM itu Lelah jadi agak lambar membaca kartunya

Ciri Kedua: Kamera Kecil di Sekitar PIN Keypad

Untuk memperoleh PIN, pencuri bisa membaca dari gerakan jari Anda. Bagian ini bisa dilakukan dengan memasang kamera kecil (biasanya kamera kecil untuk Remote Control) yang sudah memiliki micro SD dan juga baterai yang kuat seharian. Ia bisa dipasang tepat di atas penutup keypad atau di bawah layar ATM. Cara mudah raba saja dan cabut lalu pergi dari ATM itu

Sebenarnya dari dua ciri tersebut sudah cukup mengambil informasi ATM. Ciri yang ketiga opsional dan bisa menggantikan Ciri kedua.

Ciri ketiga: Keylogger di Keypad Anda

Ini pasti terasa, karena ada dua lapis Keypad di tangan Anda. Begitu Anda merasa Keypad tidak nyaman karena keras dan terbuat dari sesuatu yang tidak lazim dan menonjol langsung hindari Keypad tersebut.

Demikian, jika sudah menemukan ciri-ciri tersebut lebih baik ATM tersebut ditinggalkan, biasanya ATM-ATM yang tidak sering dikunjungi (> 2 hari) oleh petugas QA yang menjadi target sasaran ATM. Berikut adalah best practicesnya bertransaksi dengan ATM.

  •  Ambil uang ATM di pusat perbankan atau bank tersebut apalagi kalau ATM tersebut persis di sebelah teller
  • Ambil uang ATM di pusat perbelanjaan atau mini market yang sirkulasinya cepat peredaran uangnya
  • Ambil uang ATM yang ada satpamnya, tanya juga ke bang satpamnya .. aman kan Bang?

Ingat tetap konsentrasi karena kejahatan itu bukan karena ada niat pelakunya tetapi bisa saja karena Anda tidak dapat makan siang sehingga Anda tidak bisa konsentrasi karena lapar kemudian ke ATM dan Anda jadi target kejahatan Skimmer. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solve : *
13 × 3 =