7 Tips Menghindari Stress Bagi Mahasiswa

Stress itu tidak bisa dihindari, dengan kata lain perasaan galau, stress, merasa tertekan, tertekam, ataupun gundah gulana sudah pasti dialami. Bukan hanya mahasiswa tetapi bisa juga dosen, pejabat kraton, hingga staff tenaga pendidik. Pada kali ini walau judulnya bagi mahasiswa, sebenarnya ini juga menjadi catatan pribadi curator yang juga kadang lebih sering pasrahnya dibanding stressnya. Yak mari kita mulai.

Tips 1 Tidur yang cukup

Tidur yang cukup sekitar 7 jam sangat membantu mencegah benih-benih stress. Orang yang tidurnya kurang cenderung ignorance, mudah marah, dan memiliki perasaaan yang tidak nyaman dengan kondisi fisik. Tidur yang cukup bukan berarti sekaligus, buat kamu yang sibuk banyak kegiatan Organisasi kombinasikan tidurmu di malam dan siang hari juga baik. JIka kelas di kampus terlalu ‘menarik’ saya yakin di kelas juga kamu akan menikmati tidur yang pulas

Tips 2 Olah Raga

Ini blog bukan promosi hidup sehat, tapi olah raga bisa membuat fisik kamu lebih baik, fisik yang lebih baik cenderung lebih tahan banting kalau ada stress. Pilih olah raga favoritmu seperti lari (bukan lari dari kenyataan), atau memanah seperti sunah Nabi (bukan memanah asmara), atau bela diri. Luangkan waktu sekitar seminggu beberapa kali olah raga, bareng temen, gebetan, atau dosen Anda juga boleh.

Tips 3 Backup Friend

Kamu mungkin punya keluarga, kakak, adik, ayah, ibu, kekasih, dan sebagainya. Nah backup friend ini adalah ‘teman rahasia’ atau ‘sahabat’ yang kamu percaya dan kamu bisa cerita yang kamu alami. Mereka bisa saja di luar inner circlemu seperti yang saya bulang. Backup friend ndak harus lebih cerdas, pinter, seumuran atau keren. Backup friend yang jelas adalah teman kamu yang kenal sisi lain dari kamu..backup friend ini biasanya sudah direncanakan oleh Tuhan lho. Jadikan dia tempat kamu cerita pada saat hendak stress.

Tips 4 Me Time

Ada baiknya, kamu punya waktumu sendiri, waktu ketika kamu benar benar melakukan yang kamu sukai baik itu sendiri atau dengan teman terbaikmu (lihat Tips 3)..lakukan saja hal yang disukai seperti main game sendiriian selama beberapa jam, hiking bareng temen terbaikmu, makan bareng dengan backup friend atau temen baru. Tapi ingat lakukan hal positif pada saat me time J.

Tips 5 Beri Anda Waktu

Setiap mengerjakan tugas, menyelesaikan kewajiban akademik, atau setidaknya pada saat punya janji luangkan waktu agak luang agar tidak terlalu kepepet. Baca musibah terlambat di artikel ini, lebih awal bukanlah sesuatu kenistaan.. kerjaan tugas dua hari sebelum deadline, datang ke kuliah 5 menit sebelum dimulai, dan buat janji dengan teman untuk nonton bareng dua hari sebelumnya. Itu akan membuat Anda menjadi pribadi yang teratur dan terhindari dari stress akibat hal yang tak terduga di kemudian hari.

Tips 6 Berkumpul dengan Orang Shaleh

Tidak harus yang namanya Sholeh, tapi biasanya orang yang rajin ibadah hidupnya lebih tenang, antri galau, dan juga lebih ‘cool’. Konsepnya mirip seperti pada saat Anda bergaul dengan penjual minyak wangi maka ikut wangi, kalau bergaul dengan banyak orang stress maka dijamin Anda akan ikut stress. Walaupun bukan keniscayaan bahwa orang shaleh juga ndak stress dan tidak tersandung kasus. Tetapi inti dari tips ini adalah bergaul dengan lingkungan yang bisa nyemangati kamu.

Tips 7 Berdoa secara teratur

Bagi yang muslim buat waktu teratur kapan berdoa yang tepat entah setelah sholat Shubuh, Maghrib, atau pada saat waktu Tahajud. Buat rutin, jika Ada masalah cerita saja minta petunjuk Sang Pencipta. Pada saat itu kombinasikan juga dengan membaca kita suci dan pahami maknanya. Khusyu, tenang, fokus, dan berserah diri akan membuat Anda lebih baik. Meditasi, Saat teduh, dan aktivitas serupa juga pasti Anda tahu itu bisa digunakan bagi saudara kita selain muslim. So lakukan teratur..dan be better person.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *