7 Penyebab Mahasiswa Stress

Jangankan sebagai mahasiswa, kucing piaraan saya dulu juga stress pada saat saya stress. Dia ndak doyan makan, uring-uringan, buka social media terus, sampai malas ketemu teman. Kalau kamu atau kucingmu mengalami gejala ini maka mari kita bahas 7 alasan kenapa mahasiswa stress. Dan kesemuanya saya urutkan berdasar pada daftar ceklist yang saya simpan di OneNote sebagai salah satu konsultan hipnoterapi di kampus (*baca Ketua Program Studi). Mari kita sebutkan secara random Karena efek dan implikasinya berbeda satu sama lain.

#1 Kondisi Keluarga

Tidak ingin menutup fakta, tetapI performa seorang mahasiswa sedikit banyak bergantung apda kondisi keluarga. Kondisi ini bisa diakibatkan oleh berbagai sebab mulai dari finansial, kebahagiaan, hingga yang lain. Ini adalah penyebab yang sering terdengar

#2 Kondisi Pergaulan

Beberapa mahasiswa mulai tertekan pada saat mereka sendiri, tidak punya teman baik, atau teman-teman mereka sudah jauh melangkah. Pada tahap ini mahasiswa yang tidak tahan akan mulai menghilang dari peredaran dan kemudian membiarkan studi mereka sampai batas ambang.

#3 Hasrat Terpendam

Beberapa mahasiswa tidak Belajar dan tidak ikut kuliah bukan Karena malas, tetapi Karena mereka ‘melawan kehendak’ pihak tertentu. Semisal seorang anak ingin masuk Ekonomi tetapi ada pihak lain yang memintanya masuk ke prodi Teknologi informasi. Keterpaksaan berakibat stress bagi mahasiswa.

#4 Perubahan Romansa

Ditinggal gebetan, ditikung teman baik, sampai kisah Cinta terlarang (ini jadi mirip drama ya). Adalah salah satu isu dari sekian banyak isu yang terjadi pada muda mudi zaman sekarang. Tidak dipungkiri ini membuat stress, Karena selain penuh drama.. hubungan romansa pada usia belia juga menghabiskan banyak emosi dan energi.

#5 Tuntutan Lingkungan

Dapat beasiswa harus IP nya meningkat terus, diminta orang tua lulus nilai baik agar diterima di tempat kerja orang tua, hingga teman sekosan yang semua lulus cepat. Stress ini tidak dapat dihindari dan memang terjadi.

#6 Padatnya Kegiatan

Ambil ekstra kurikuler lebih dari dua, ikutan kepanitiaan, tugas seabreg, plus kucingmu ngambek ampe masuk ICU Karena dicuekin memang buah dari padatnya kegiatan. Dan ini terjadi pada mahasiswa yang biasanya menjelang tahun kedua dan tahun ketiga.

#7 Realitas dan Ekspektasi

Ingin mengubah dunia ya tidak mampu, memasang jamban di KKN ya bukan ahlinya, hingga mau buat produk perangkat kelas dunia tapi masih terbatas kemampuannya. Beberapa mahasiswa brilian di kampus mengalami hal ini, kadang benturan benturan realita setelah mereka berusaha keras membuat mahasiswa kita stress.

Jadi ini 7 versi penyebab mahasiswa stress.. kalau kamu pernah stress yang mana? Setiap orang pernah stress kok J yang nulis juga lebih banyak stressnya daripada tidaknya, jadi normal dan manusiawi asal kamu bisa menanganinya. Kalau mau tahu tips menanganinya tunggu pos selanjutnya ya. Selamat datang angkatan baru di kampus UGM.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *