Makna Genggaman Tangan

Hari itu saya menyimak sebuah perusahaan yang sudah 20 Tahun mengembangkan Teknologi ponsel, mereka sudah saya kenal semenjak saya pertama kali masuk kerja di dunia industri. Mereka adalah HTC. HTC meluncurkan produk barunya dengan nama HTC U. U dimaknai ‘You’ yang dimaknai dia akan mengenal Anda. Satu pesan yang saya tangkap dari konfrensi itu adalah makna genggaman (hold / squeeze) mereka memaknai ada makna terdalam apabila manusia bisa melakukan dengan ponsel yang sering mereka pegang sehari-hari. Hasilnya HTC U memiliki sensor-sensor disekitar body ponsel yang metal itu untuk menerima rangsangan genggaman Anda mulai dari genggaman lembut hingga genggaman yang keras.

Saya penasaran dengan makna genggaman tangan, karena beberapa tahun sebelumnya Mazda juga melakukan hal yang sama untuk meningkatkan interaksi antara pengendara dengan mobilnya dan 2020 prouk itu akan diluncurkan. Kemudian saya menemukan beberapa tulisan mengenai makna genggaman tangan.

  1. Genggaman Tangan Mengurangi Sakit (Anestesi) – Sudut Pandang Medis . Saya baru memahami bahwa ketika seorang sakit maka genggaman tangan mengurangi rasa sakit. Dan hal ini dibuktikan secara ilmiah dengan memberi rasa sakit panas kepada beberapa orang dengan dan tanpa menggenggam
  2. Genggaman Tangan Meningkatkan Ikatan Emosional – Sudut pandang psikologis. Entah Anda menggenggam tangan kekasih Anda, sahabat Anda maka genggaman tangan adalah ikatan terbaik untuk meninjukkan ‘I deeply care’ atau bisa juga ‘I trust you’
  3. Genggaman tangan mengurangi tekanan darah – Sudut Pandang Medis. Yin dan Yang, ada yang tenang ada yang menggebu, genggaman tangan memiliki tujuan menyeimbangkan tempo. Pernahkan Anda dalam sebuah outbound bergenggaman tangan itu bukan hanya menyatukan Anda tetapi membuat Anda mengurangi tekanan darah bahkan stress.
  4. Genggaman tangan mengurangi rasa takut dan aman – Pada sudut pandang Psikologis. Genggaman tangan mengurangi rasa takut, lihat saja bagaimana kalau ada seorang anak yang takut naik sepeda tetapi pada saat dia digenggam dia berani.

Kemudian saya mendalami berbagai macam model genggaman tangan. Dan melalui internet saya paham bahwa genggaman tangan pun beragam. Berikut saya ambil dari Bing search engine.

Posisi Atas Bawah Sembari Duduk – Maknanya: “Apapun Kondisimu Saya (Akan Membantumu) Merasa Nyaman”
Posisi ‘L’ Sembari Duduk – Maknya: “Mendekat dan Berceritalah agar makin memahamimu”
Posisi Genggaman Jari Sembari Berjalan – Maknanya: “Kamu Bagian dari aku dan mari tetap bersama”
Posisi Depan Belakang Sembari Berjalan – Maknanya: “Melindungi dan Mendukungnya”
Posisi Genggaman Nadi Sembari Berjalan – Maknanya: “Salah satunya memimpin dengan senang hati”

Sekarang bayangkan kalau ada robot bernama Rinna (rinna.jp) yang diperkuat dengan sensor tersebut bisa memahami genggaman tangan Anda, mengetahui Anda melalui media social, memberikan saran Anda berdasarkan kecerdasan buatan, dan mengingatnya dengan big data. Ketika itulah mesin mulai memahami Anda, dan Anda sebagai manusia harusnya lebih memahami seseorang dari berbagai sudut pandang dibanding mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *